Selasa, 29 November 2016

Manjamen Pendidikan Leadership

Manajemen Pendidikan

I. Rumusan dalam  manajemen
a.    Rumuskan manajemen dalam bahasamu?
Manajemen juga dapat dilihat sebagai salah satu disiplin ilmu yang memberikan pelajaran tentang sebuah proses guna mendapatkan tujuan dari organisasi melalui sebuah usaha yang diikuti oleh sejumlah orang. Seorang ahli George R. Terry berpendapat tentang pengertian manajemen. Menurut beliau pengertian manajemen adalah sebuah proses yang berasal dari sebuah perencanaan atau planning, pengorganisasian atau organizing, actuating dan juga pengendalian atau controlling yang dilakukan guna mendapakan suatu tujuan yang sudah ditentukan dari suatu organisasi dengan memakai manusia dan juga sumber daya yang lainnya. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah proses yang diawali dari adanya perencanaan kemudian pengorganisasian lalu kepemimpinan dan juga adanya pengendalian sebuah kegiatan para anggota didalam suatu organisasi dan juga merupakan proses pemakaian sumberdaya dari organisasi lain guna mencapai suatu tujuan dari organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Manajemen mempunyai 4 fungsi manajemen:
1.        Fungsi perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi. Fungsi perenecanaan identik dengan penyusunan strategi, standar, dan serta arah dalam mencapai tujuan.

2.    Fungsi pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian berhubungan dengan bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing. Dengan kata lain, fungsi organizing ini lebih menyatu.
3.    Fungsi pengarahan (Directing)
Fungsi manajemen dalam hal pengarahan lebih menekan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kinerja dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, motivasi, penjelasan tugas rutin, dan lain sebagainya.
4.    Fungsi Pengendalian (Controling)
Fungsi pengendalian lebih fokus pada evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah di lakukan dan berjalan. Fungsi pengendalian akan melihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.
II.  Manager harus Leader
b.    Apakah Manager harus Leader?
                                    Seorang manager harus memiliki jiwa leader, Manager dan leader adalah 2 konsep yang berbeda. Namun peran tersebut tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya peran lain. Sehingga pemimpin yang tidak bisa menengelola (to manage) akan gagal dalam kepemimpinannya.
III.   Manajer yang bertanggung jawab terhadap manajemen
c. Siapakah Manajer yang bertangungjawab terhadap manajemen di organisasimu?
            Kepala sekolah motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru dan karyawan sekolah. Begitu besarnya peranan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya suatu sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepala sekolah terutama dalam kemampuannya memberdayakan guru dan karyawan kearah suasana kerja yang kondusif. Kepala sekolah memiliki peran dan tanggung jawab sebagai manajer kantor yaitu diantaranya mengadakan prediksi masa depan sekolah, misalnya tetntang kwalitas yang diinginkan masyarakat, melakukan inovasi dengan mengambil inisiatif dan kegiatan-kegiatan yang kreatif untuk kemajuan sekolah, menciptakan strategi atau kebijakan untuk mensukseskan pikiran-pikiran yang inovatif tersebut, menyusun perencanaan, baik perencanaan strategis maupun perencanaan operasional, menemukan sumber-sumber pendidikan dan menyediakan fasilitas pendidikan, melakukan pengendalian atau kontrol terhadap pelaksanaan pendidikan dan hasilnya. Kepala sekolah yang mampu memerankan dirinya secara efektif dan efisien dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi terwujudnya kualitas atau mutu sekolah. Oleh karena itu, seseorang yang akan diangkat menjadi kepala sekolah wajib memenuhi Standar Kualifikasi dan Standar Kompetensi Kepala Sekolah sebagaimana tercantum pada lampiran peraturan menteri.
IV.Tujuan atau goal diperoleh manajemen organisasi
d.     Apakah tujuan atau goal yang hendak dicapai oleh manajemen organisasi ditempatmu?
Tujuan utama yang dicapai manajemen sekolah pada intinya adalah untuk penyeimbang strukur kewenangan antara sekolah, pemerintah daerah pelaksanaan proses dan pusat sehingga kewenangan anatara sekolah, pemerintah daerah pelaksanaan proses dan pusat sehingga manajemen menjadi lebih efesien. Kewenangan terhadap pembelajaran diserahkan unit paling dekat dengan pelaksanaan proses pembelajaran itu sendiri yaitu sekolah. Disamping itu untuk memberdayakan sekolah agar sekolah dapat melayani masyarakat secara maksimal sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut. Tujuan penerapan Lebih rincinya Manajemen sekolah bertujuan untuk:
1.      Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
2.      Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam menyelenggarakan       pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
3.      Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orangtua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya.
4.      Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.





V. Sistem umpan balik didisain oleh manajer diorganisasimu
e. Bagaimana system umpan balik didisain oleh manajer di organisasimu? Bahas dan Jelaskan
                      Dalam peningkatan mutu pendidikan kepala sekolah sebagai top leader harus mengupayakan segala kemampuan yang dimiliki untuk memaksimalkan rencana dan aplikasi (penerapan) dari pada rencana tersebut. Upaya peningkatan mutu pendidikan meliputi, memperkuat kurikulum, memperkuat kapasitas manajemen sekolah, memperkuat sumber daya tenaga pendidikan, perbaikan yang berkesinambungan, manajemen berdasarkan fakta. Kemudian harus menciptakan rasa nyaman dan pendekatan yang baik, pada saat pelaksanaan implementasi harus memiliki seorang pengamat atau peninjau dari suksesnya perjalanan implementasi. Dibantu oleh seorang notulis untuk mencatat bagian-bagian tertentu yang perlu dikembangkan kembali.
VI.  Pemahaman tentang manajemen
             f. Bagaimana pemahamanmu tentang manajemen sekarang disbanding sebelumnya mengerjakan tugas ini?
                              Manajemen adalah sebuah cara, yang menggabungkan karakteristik seni dalam melakukan sebuah tindakan yang berhubungan antara obyek dan pengendaranya. Artinya hanya sebatas menjalanakan suatu sistem tanpa meninjau dari mana sistem tersebut di laksanakan sehingga banyak kekurangan dalam menjalankan sebuah cara tanpa adanya peranan lain. Contohnya ketika terdapat 2 problem dalam organisasi. Hanya terpusat pada masalah tersebut. Tetapi tidak melaksanakan bagaimana kelanjutan agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Padahal, terdapat sebuah solusi atau jalan lain untuk menciptakan sebuah karya baru dari 2 problem tersebut.
                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Islam Normatif dan Historis, Pengertian, Pendekatan.

A.Pengertian Islam Normatif Normatif, dalam bahasa inggris “Norma” yang artinya norma, ajaran, atau acuan. Kata norma dalam Bahasa Indonesi...