Manajemen Pendidikan
I.
Rumusan dalam manajemen
a.
Rumuskan manajemen dalam bahasamu?
Manajemen
juga dapat dilihat sebagai salah satu disiplin ilmu yang memberikan pelajaran
tentang sebuah proses guna mendapatkan tujuan dari organisasi melalui sebuah
usaha yang diikuti oleh sejumlah orang. Seorang ahli George R. Terry
berpendapat tentang pengertian manajemen. Menurut beliau pengertian manajemen
adalah sebuah proses yang berasal dari sebuah perencanaan atau planning,
pengorganisasian atau organizing, actuating dan juga pengendalian atau
controlling yang dilakukan guna mendapakan suatu tujuan yang sudah ditentukan
dari suatu organisasi dengan memakai manusia dan juga sumber daya yang lainnya.
Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen
adalah sebuah proses yang diawali dari adanya perencanaan kemudian
pengorganisasian lalu kepemimpinan dan juga adanya pengendalian sebuah kegiatan
para anggota didalam suatu organisasi dan juga merupakan proses pemakaian
sumberdaya dari organisasi lain guna mencapai suatu tujuan dari organisasi yang
sudah ditetapkan sebelumnya. Manajemen mempunyai 4 fungsi manajemen:
1.
Fungsi perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses untuk
menetapkan tujuan dan visi organisasi sebagai langkah awal berdirinya sebuah
organisasi. Fungsi perenecanaan identik dengan penyusunan strategi, standar,
dan serta arah dalam mencapai tujuan.
2.
Fungsi pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian berhubungan dengan
bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara
sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing. Dengan kata lain, fungsi
organizing ini lebih menyatu.
3.
Fungsi pengarahan (Directing)
Fungsi manajemen dalam hal pengarahan
lebih menekan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kinerja
dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, motivasi, penjelasan
tugas rutin, dan lain sebagainya.
4.
Fungsi Pengendalian (Controling)
Fungsi pengendalian lebih fokus pada
evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah di lakukan dan
berjalan. Fungsi pengendalian akan melihat apakah terdapat suatu hambatan atau
tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.
II. Manager harus Leader
b.
Apakah
Manager harus Leader?
Seorang
manager harus memiliki jiwa leader, Manager dan leader adalah 2 konsep yang
berbeda. Namun peran tersebut tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya
peran lain. Sehingga pemimpin yang tidak bisa menengelola (to manage) akan
gagal dalam kepemimpinannya.
III.
Manajer
yang bertanggung jawab terhadap manajemen
c. Siapakah Manajer yang
bertangungjawab terhadap manajemen di organisasimu?
Kepala
sekolah motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru dan karyawan sekolah.
Begitu besarnya peranan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan
pendidikan, sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya suatu sekolah sangat
ditentukan oleh kualitas kepala sekolah terutama dalam kemampuannya
memberdayakan guru dan karyawan kearah suasana kerja yang kondusif. Kepala
sekolah memiliki peran dan tanggung jawab sebagai manajer kantor yaitu
diantaranya mengadakan prediksi masa depan sekolah, misalnya tetntang kwalitas
yang diinginkan masyarakat, melakukan inovasi dengan mengambil inisiatif dan
kegiatan-kegiatan yang kreatif untuk kemajuan sekolah, menciptakan strategi
atau kebijakan untuk mensukseskan pikiran-pikiran yang inovatif tersebut,
menyusun perencanaan, baik perencanaan strategis maupun perencanaan
operasional, menemukan sumber-sumber pendidikan dan menyediakan fasilitas
pendidikan, melakukan pengendalian atau kontrol terhadap pelaksanaan pendidikan
dan hasilnya. Kepala sekolah yang mampu memerankan dirinya secara efektif dan
efisien dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi terwujudnya kualitas
atau mutu sekolah. Oleh karena itu, seseorang yang akan diangkat menjadi kepala
sekolah wajib memenuhi Standar Kualifikasi dan Standar Kompetensi Kepala
Sekolah sebagaimana tercantum pada lampiran peraturan menteri.
IV.Tujuan
atau goal diperoleh manajemen organisasi
d. Apakah tujuan atau goal yang hendak dicapai
oleh manajemen organisasi ditempatmu?
Tujuan utama yang dicapai manajemen
sekolah pada intinya adalah untuk penyeimbang strukur kewenangan antara
sekolah, pemerintah daerah pelaksanaan proses dan pusat sehingga kewenangan
anatara sekolah, pemerintah daerah pelaksanaan proses dan pusat sehingga
manajemen menjadi lebih efesien. Kewenangan terhadap pembelajaran diserahkan
unit paling dekat dengan pelaksanaan proses pembelajaran itu sendiri yaitu
sekolah. Disamping itu untuk memberdayakan sekolah agar sekolah dapat melayani
masyarakat secara maksimal sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut. Tujuan
penerapan Lebih rincinya Manajemen
sekolah bertujuan untuk:
1.
Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan
inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
2.
Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat
dalam menyelenggarakan pendidikan
melalui pengambilan keputusan bersama.
3.
Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orangtua,
masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya.
4. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah
tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
V. Sistem umpan balik didisain oleh manajer
diorganisasimu
e. Bagaimana system umpan balik didisain oleh manajer
di organisasimu? Bahas dan Jelaskan
Dalam peningkatan mutu pendidikan kepala sekolah
sebagai top leader harus mengupayakan segala kemampuan yang dimiliki untuk memaksimalkan
rencana dan aplikasi (penerapan) dari pada rencana tersebut. Upaya peningkatan
mutu pendidikan meliputi, memperkuat kurikulum, memperkuat kapasitas manajemen
sekolah, memperkuat sumber daya tenaga pendidikan, perbaikan yang
berkesinambungan, manajemen berdasarkan fakta. Kemudian harus menciptakan rasa
nyaman dan pendekatan yang baik, pada saat pelaksanaan implementasi harus
memiliki seorang pengamat atau peninjau dari suksesnya perjalanan implementasi.
Dibantu oleh seorang notulis untuk mencatat bagian-bagian tertentu yang perlu
dikembangkan kembali.
VI. Pemahaman
tentang manajemen
f. Bagaimana
pemahamanmu tentang manajemen sekarang disbanding sebelumnya mengerjakan tugas
ini?
Manajemen adalah sebuah cara, yang menggabungkan karakteristik
seni dalam melakukan sebuah tindakan yang berhubungan antara obyek dan
pengendaranya. Artinya hanya sebatas menjalanakan suatu sistem tanpa meninjau
dari mana sistem tersebut di laksanakan sehingga banyak kekurangan dalam
menjalankan sebuah cara tanpa adanya peranan lain. Contohnya ketika terdapat 2
problem dalam organisasi. Hanya terpusat pada masalah tersebut. Tetapi tidak
melaksanakan bagaimana kelanjutan agar masalah tersebut tidak terulang kembali.
Padahal, terdapat sebuah solusi atau jalan lain untuk menciptakan sebuah karya
baru dari 2 problem tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar